Selasa, 28 Juni 2011

Berwudhu itu luar biasa

undefined


Setelah berkeliling mencari-cari hikmah dari berwuduhu, akhirnya saya mendapatkan referensi dari sebuah situs surat kabar. Ternyata selain wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat, wudhu itu mengandung makna secara medis dan tentunya secara tasawuf.

Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan neurology mengatakan bahwa pusat-pusat saraf yang paling peka adalah di sebelah dahi, tangan dan kaki. Bagian-bagian ini sangat sensitif terhadap air segar. Dengan adanya kesensitifannya terhadap air segar itu, akan menjaga kesehatan dan keselarasan pusat sarafnya. Sungguh luar biasa bukan? Bahkan belian merekomendasikan agar kegiatan wudhu tidak hanya dilakukan bagi umat islam saja, tapi juga bagi umat-umat lainnya. Ini dikarenakan efek yang ditimbulkan dari berwudhu ini sangat menyehatkan.


Berbicara dari segi fikih, para ulama fikih mengatakan bahwa wudhu merupakan cara untuk membersihkan anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda asing. Benar saja, jika kita perhatikan, semua anggota tubuh yang dibasuh dengan air wudhu pasti selalu terkena gesekan benda-benda asing minimal debu.

Tak hanya itu, dari segi tasawuf para ulama mengatakan bahwa wudhu ini berfungsi untuk menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan melalui anggota tubuh yang dibasuh. Mungkin banyak sekali hal-hal dosa yang kita lakukan dengan mulut kita saat bicara. telinga kita mendengar hal-hal yang tak patut didengarkan. Mata kita mungkin sering melihat hal-hal yang tak senonoh. Bahkan kaki kita pasti sering dilangkahkan ke tempat-tempat maksiat. Dengan wudhu inilah kita kembali diingatkan akan kesalahan-kesalahan kita. Ini adalah simbol kebersihan bagi fisik dan rohani kita.

Yang paling penting adalah bahwa wudhu menjaga kepercayaan diri kita ketika sholat. Memantapkan hati kita ketika memegang mushaf. Dan menambah pancaran wajah kita ketika berbicara menyampaikan kebenaran dengan orang lain. Mudah-mudahan kita selalu terjaga dari kebersihan fisik dan hati. InsyaAllah kita akan selalu dalam lindungan Allah azza wa jalla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be silent reader !!!